Selasa, 08 September 2009

SAP

SAP adalah software aplikasi yang berguna untuk mengimplementasikan konsep ERP (Enterprises Resources Planning) yang merupakan konsep sistem informasi yang mengintegrasikan antara beberapa bagian yang saling terkait di sebuah perusahaan. Pada awalnya konsep ERP hanya mencakup proses manufaktur saja, tetapi dengan berkembangnya waktu ERP berkembang merambah ke bidang-bidang usaha yang lain.

Software SAP sendiri secara teknis merupakan aplikasi yang kompleks. Mungkin karena SAP merupakan software aplikasi untuk korporat sehingga ikut berkembang untuk memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan yang sejatinya memang kompleks. Bahkan SAP tergolong software aplikasi yang paling mahal di dunia.

Ada dua macam pengkategorian dalam hal penggunaan aplikasi SAP, yaitu :

  1. System Support. Di bagian ini mempelajari bagian teknis sebuah sistem yang kompleks di SAP. Beberapa diantaranya digolongkan menjadi Basis System Admin dan programmer ABAP.
  2. Functional Support. Di bagian ini mempelajari proses bisnis perusahaan dan dipetakan dengan modul functional yang disediakan oleh SAP. Pengetahuan tentang bisnis proses merupakan sebuah kelebihan tetapi tidak menutup kemungkinan orang teknik yang tidak tahu apa-apa tentang bisnis proses bisa sangat cepat mempelajari modul functional. Beberapa modul yang diimplementasikan SAP adalah Human Resource, Material Management, Finance Management, Sales and Distribution, Plant Management dan masih banyak lagi. Di beberapa perusahaan mungkin mempunyai job desc bahwa functional analyst jg memerlukan pengetahuan tentang program ABAP (bahasa pemrograman yang digunakan untuk develop SAP). Kemampuan untuk mengimplementasikan konsep ERP melalui software SAP adalah kemampuan yang sangat dicari oleh perusahaan pengguna SAP. Karena masih minimnya jumlah tenaga ahli SAP dan kompleksitas implementasi SAP sebagai software aplikasi untuk ERP maka mereka diburu oleh banyak korporasi dengan iming-iming penghasilan yang besar.


Sumber : www.indocommit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar